“KELUARGA SEBAGAI TEMPAT MEMUPUK SIKAP KEBERSAMAAN”

June 22, 2010 by Tatag Utomo · Leave a Comment 

Sudah kita ketahui, pilar utama sebuah bangsa adalah keluarga-keluarga sebagai unit terkecilnya. Oleh karena itu, kemajuan bangsa dapat ditentukan oleh kemajuan keluarga yang ada di dalamnya. Kalau sendi-sendi keluarga kuat, tentu bangsa akan lebih mudah menjadi hebat.

Dan sangat mungkin..kemajuan sebuah perusahaan ditentukan oleh seberapa harmonisnya keluarga dari para eksekutifnya. Ya..jika keluarga berantakan, bagaimanapun pikiran dan jiwa sang eksekutif menjadi tidak dapat terpusat 100 % sepenuhnya kepada pekerjaan, tugas dan tanggungjwab yang diberikan. Yang paling ditakutkan adalah: Jika konsentrasi eksekutif menjadi demikian turun dalam bekerja, maka akan timbul kesalahan yang dapat berakibat fatal dan membahayakan.

Bagaimana agar sendi keluarga bisa menjadi kuat? Salah satunya adalah dengan membuat acara bersama seperti: Nonton TV, liburan, olahraga atau sekedar bercanda bersama dengan anak, isteri atau suami di rumah. Masih ingat sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang pertama? Jaman itu (yang jelas belum terlalu lama terjadi) banyak sekali eksekutif yang ingin cepat-cepat pulang ke rumah untuk nonton si Doel di TV bersama sanak keluarganya. Sadar tidak sadar hal ini meningkatkan “perceiving togetherness” (rasa kebersamaan) dari anggota keluarga, yang merupakan bentuk sikap mental positif yang baik sekali.

Namun kini tampaknya para eksekutif lebih senang berkumpul dengan kolega atau rekan bisnisnya di kafe, daripada kongkow dengan para stakeholder keluarga. Apakah benar demikian? Terpulang pada hati nurani anda menilainya. Dan apakah tidak boleh nongkrong di kafe untuk menepis stres pasca kerja? Boleh…boleh sekali. Hal itu juga akan membuat sektor riil perekonomian bergulir dengan baik, karena berarti kafe menjadi hidup dan berarti juga menghidupi banyak keluarga di dalamnya. Namun, sebaiknya jangan berlebihan.

Bagi juga waktu nongkrong anda dengan anggota keluarga yang lain sehingga mereka dapat merasakan kebersamaan dengan anda. Jangan sampai…anda di kantor mempunyai sikap mental positif dalam kebersamaan yang kuat dengan tim, tetapi malah teralienasi di rumah tangga sendiri…

Salam kumpul keluarga…

Drg. T.A. Tatag Utomo, MM., ASM

Direktur Pendidikan KPPSM
‘Pelatihan Pengembangan SIKAP MENTAL’
F.X. Oerip S. Poerwopoespito
WISMA KPPSM
Cibubur Indah III Blok F-7 Jaktim 13720
T: (021) 8716968, F: (021) 8719981
email: tatag@kppsm.com, website: www.kppsm.com
Weblog: www.pengembangankarakter.com
HP: 0818-874430, YM: tatag_kppsm@yahoo.com

FB: Tatag Utomo

FB: Pengembangan Sikap Mental Positif

Twitter: @tatagkppsm

About Tatag Utomo

Baca artikel sikap mental positif menarik lainnya :