“OMONG-OMONG DENGAN ANAK SEBAGAI WAHANA UTAMA PENDIDIKANNYA”

June 22, 2010 by Tatag Utomo · Leave a Comment 

Banyak saya saksikan..orang yang sukses dalam hidup karirnya, namun mempunyai anak yang -katakanlah- berantakan. Mengapa bisa terjadi? Karena kita sebagai orangtuanya bekerja keras di luar sampai tulang  serasa remuk terbanting-banting (ini agar tidak jemu memakai kata ‘membanting tulang’, he..he..), tetapi mengabaikan pendidikan anak di rumah.

Lho..itu kan sudah mereka dapatkan dari guru di sekolahnya kan?” Jelas kurang! Pendidikan yang utama yang akan mempengaruhi anak adalah yang berasal dari orangtua sebagai first influencer-nya. George Herbert pernah mengatakan bahwa ‘Seorang ayah lebih berarti dari seratus guru’.

Pendidikan apa yang dapat diberikan untuknya? Apa saja, yang penting dalam format omong-omong, seperti kata Pak Oerip. “Ya..tapi kan waktu saya nggak banyak mas, untuk diskusi dengan anak.” Tidak..tidak. Tidak ada orang yang tidak punya waktu, yang ada adalah orang yang tidak bisa membagi waktu. Even kita cuma punya waktu 10 menit sehari untuk anak, itu dapat kita manfaatkan untuk berbagi dengan mereka, terutama  dalam nilai-nilai perilaku kehidupannya. Tentunya, hal yang disharing-kan, dibicarakan sesekali menyentuh substansi yang bermutu, seperti masalah kemanusiaan, pelajaran, perilaku positif, dan bukan hanya yang ringan-ringan saja seperti cerita sinetron atau menanyakan uang saku yang diperlukan besok.

Modalnya? Sikap mental positif atau perilaku positif untuk mempunyai niat dan kemauan belajar untuk bisa memberi asupan bermutu untuk mereka. Yang parah adalah orangtua eksekutif yang punya banyak waktu dengan anak, namun gagal mengisinya dengan perbincangan bermutu dengannya Mereka melewatkan kesempatan mendidik anak dengan cara yang paling mutu, mudah, murah dan meriah. Ayo, kini kita gunakan sesedikit apapun waktu kita yang ada untuk omong dengan anak dalam rangka mendidiknya menjadi manusia yang bermutu!

Salam sayang anak….

Drg. T.A. Tatag Utomo, MM., ASM

Direktur Pendidikan KPPSM
‘Pelatihan Pengembangan SIKAP MENTAL’
F.X. Oerip S. Poerwopoespito
WISMA KPPSM
Cibubur Indah III Blok F-7 Jaktim 13720
T: (021) 8716968, F: (021) 8719981
email: tatag@kppsm.com, website: www.kppsm.com
Weblog: www.pengembangankarakter.com
HP: 0818-874430, YM: tatag_kppsm@yahoo.com

FB: Tatag Utomo

FB: Pengembangan Sikap Mental Positif

Twitter: @tatagkppsm

About Tatag Utomo

Baca artikel sikap mental positif menarik lainnya :