“SEPAK BOLA DAN SIKAP MENTAL”

December 31, 2010 by Tatag Utomo · Leave a Comment 

Sepak bola  mencerminkan kualitas dan kebesaran sebuah bangsa. Tengok saja.. bangsa yang maju dalam sepak bola, -relatif- merupakan bangsa yang maju. Tentu saja perkecualian untuk Argentina dan Brasil, misalnya yang masih digelut dengan kemiskinan, yang bisa maju karena hampir semua laki-laki di sana memang berbakat memainkan si kulit bundar!

Sepak bola juga cermin perilaku manusia, karena permainan ini sungguh membutuhkan sikap mental positif untuk meraih kemenangan, lebih dari kemampuan individunya. Gotong royong, kerja sama, disiplin, inisiatif, konsisten, antisipatif dan determinasi tinggi, merupakan faktor sikap mental yang paling berperan. Contoh bisa dilihat dalam pertandingan Inggris Perancis kalau btidak salah saat Piala Dunia yang lalu. Inggris yang telah unggul 1-0 dalam 90 menit pertama, berbalik kalah dengan kemasukan 2 gol pada menit ke-91 dan 93 (saat injury time) oleh Zinedine Zidane. What’s happen? Pemain Inggris kendor determinasi (kemampuan konsentrasi dalam waktu lama)nya sehingga lengah! Walaupun sudah unggul, mestinya jangan sekali-kali Inggris mengendorkan konsentrasi  sebelum peluit berbunyi. Sebab, gol masih bisa terjadi pada menit-menit terakhir.

Lalu mengenai piala AFF 2010 ini. Markus Horison tampak terpncing amarahnya, karena wajahnya disorot laser nakal oleh penonton- penonton Malaysia yang sangat tidak sportif, sehingga berteriak-teriak dengan emosional kepada teman skuadnya untuk walk out. Pemain Indonesia lainnya juga ikut protes, pertandingan tertunda beberapa menit, namun konsentrasi pecah dan kita kalah 0-3 di stadion Bukit Jalil itu.

Kita berandai-andai saja…seandainya Markus tidak terlalu emosi, maka mungkin konsentrasi tim tidak akan terpecah seperti itu, sehingga walaupun kalah, skornya tidak terlalu telak, dan kita bisa menebusnya di Senayan dengan keunggulan agregat. Inilah contoh sikap mental positif nyata di lapangan bola…

Begitu pula dengan bisnis. Walaupun kita sudah market leader, jangan sekali-kali lengah Kompetitor selalu beusaha mencari peluang untuk merebut keunggulan dan kemenangan yang kita miliki setiap saat. Dan biasanya, perasaan sudah puas/berhasil dalam pencapaian sesuatu inilah yang membuat kita lengah terlena. Kita tidak waspada lagi, kurang kritis lagi dan enggan berlatih atau membuat analisis lebih lanjut. Akibatnya, tiba-tiba saja kita terhenyak karena pesaing mengambil pangsa pasar yang kita miliki.

Lalu bagaimana melatih sikap mental positif’ determinasi tinggi’? Syukur-syukur, tetap tinggi seperti tim nasional Jerman dahulu yang dikenal dengan julukan ‘Tim Panser’nya? Dengan belajar mengerahkan konsentrasi terus menerus pada saat kita melakukan pekerjaan yang penting, sampai kita berhasil. Supaya tidak mengalami kelelahan? Ambil sedikit jeda  mengambil nafas, relaksasi dan tentu saja….bersenang-senang di luar waktu pekerjaan. Setelah itu, nyalakan lagi semangat kerja anda dengan konsentrasi yang tinggi…

Salam semangat sepak bola…..

Drg. T.A. Tatag Utomo, MM., ASM

Direktur Pendidikan KPPSM
‘Pelatihan Pengembangan SIKAP MENTAL’
F.X. Oerip S. Poerwopoespito
WISMA KPPSM
Cibubur Indah III Blok F-7 Jaktim 13720
T: (021) 8716968, F: (021) 8719981
email: tatag@kppsm.com, website: www.kppsm.com
Weblog: www.pengembangankarakter.com
HP: 0818-874430, YM: tatag_kppsm@yahoo.com

FB: Tatag Utomo

FB: Pengembangan Sikap Mental Positif

Twitter: @tatagkppsm

About Tatag Utomo

Baca artikel sikap mental positif menarik lainnya :