KARAKTER KUAT DAN POSITIF UNTUK MENGHADAPI SERBUAN PRODUK CHINA

August 4, 2010 by Tatag Utomo · Leave a Comment 

Rekan eksekutif, kita sudah beberapa bulan memasuki tahun 2010. Sebetulnya, suasana memasuki sebuah tahun yang baru itu sama dengan memasuki tahun baru-tahun baru seperti yang sebelumnya. Hanya saja, pada Januari 2010, kita menghadapi sebuah ’serbuan’ yang cukup dahsyat. Serbuan itu datang dari China, karena Indonesia menyetujui untuk ikut dalam ACFTA (Asean-China Free Trade Area). Wow…siapkah kita? Paling tidak kemarin-kemarin ini saja kita sudah merasakan repotnya diserbu barang-barang masuk China. Kini, tampaknya bisa jauh lebih berat lagi beban itu.  Kita lihat data-data di bawah ini:

Data Ekspor Indonesia
* Ekspor manufaktur Indonesia:     Merosot hampir 25 %,dari total 60,831 milliar US$ menjadi 45,632 miliar US$ (catatan BPS hingga Agustus 2009)
* Ekspor nonmigas:    Turun 18,3 %
* Ekspor 12 industri manufaktur unggulan seperti CPO (Crude Palm Oil), Besi Baja, Otomotif, Elektronika, Pengolahan Karet, Pulp and Paper dan Peralatan Listrik:    Penurunan sebesar 7,33%
(catatan dari Depperin)

Impor Indonesia dari China pada semester I 2009 yang sangat menakjubkan, yaitu:
* Impor Alat Elektronika:    30 %, senilai 300 juta US$
* Impor Tekstil dan Produk Tekstil (TPT):    37 % dari 57 juta US$ TPT
* Impor Mainan Anak-anak:    60 % dari total 17 juta US$
* Impor Produk Alas Kaki:    50 % atau senilai 14 juta US$

Sementara, kondisi Indonesia kini:
Masih lemah dalam penguasaan teknologi, masih rendahnya kualitas SDM, tingginya suku bunga perbankan, masih merajalelanya korupsi, infrastruktur banyak hancur, masih banyak disorganisasi struktur, Daya Saing yang turun dari 51 dari 55 negara (menurut World Competitiveness Yearbook 2006-2008), dan Daya Saing hanya pada peringkat ke 54 dibawah negara-negara Asean lain seperti Malaysia, Thailand dan Singapura (menurut World Economic Forum). Cadangan devisa Cuma 55 milliar US $.

Sementara, kondisi China kini:
Penguasaan teknologi jauh lebih maju, kualitas SDM makin baik dan siap untuk bekerja amat keras, suku bunga perbankan tidak terlalu tinggi, korupsi terus ditekan, infrastruktur sangat baik, tidak banyak disorganisasi struktur, dan daya saing yang luar biasa. Pemerintahnya mendukung dengan memberikan Tax Rebate (subsidi ekspor) sebesar 13-17 %. Hasilnya, sebagai gambaran saja, pada tahun 2005, cadangan devisa China sudah mencapai 750 milliar US$.

Apa yang mau kita omongkan sekarang? Jelas, untuk menghadapi semua ini sangat…sangat perlu kebijakan pemerintah yang kondusif, integralistik dan jelas pada tujuan dan sasaran. Tetapi yang mendasari dari semua itu adalah: Karakter bangsa ini yang secara umum masih lembek, sudah sungguh-sungguh harus diubah. Kembangkan betul sikap mental positif, perilaku positif dan karakter positif yang kuat untuk meningkatkan produktifitas, kreatifitas, efisiensi dan efeksitiftas kerja. Tak ada pilihan, siapkan mentalitas belajar keras seumur hidup, prihatin dan inneraktif.
Tak bisa pula kita menunggu perubahan dari pemerintah/pemimpin negara ini terlebih dahulu. Para pemimpin kita terlihat kebingungan menentukan arah kebijakan. Lihat saja program busway yang kedodoran dan konversi gas yang mirip pembagian bom waktu di rumah-rumah warganya. Apa yang bisa kita lakukan sebagai karyawan, pimpinan, direksi dan pengusaha dalam mengembangkan kualitas diri, segera kita lakukan. Jika tidak, kita semua tahu apa yang akan terjadi dari akibat serbuan Januari 2010 yang sudah terjadi. Yang jelas, hidup bisa menjadi jauh lebih sengsara…

Mari berjuang bersama dan tak lupa mohon bimbingan Tuhan Yang Maha Esa…

Drg. T.A. Tatag Utomo, MM., ASM

Direktur Pendidikan KPPSM
‘Pelatihan Pengembangan SIKAP MENTAL’
F.X. Oerip S. Poerwopoespito
WISMA KPPSM
Cibubur Indah III Blok F-7 Jaktim 13720
T: (021) 8716968, F: (021) 8719981
email: tatag@kppsm.com, website: www.kppsm.com
Weblog: www.pengembangankarakter.com
HP: 0818-874430, YM: tatag_kppsm@yahoo.com

FB: Tatag Utomo

FB: Pengembangan Sikap Mental Positif

Twitter: @tatagkppsm

About Tatag Utomo

Baca artikel sikap mental positif menarik lainnya :