KORUPTOR HARUS DIMISKINKAN

November 13, 2013 by Tatag Utomo · Leave a Comment 

Menurut ICW, sampai tahun 2005, uang rakyat yang dikorupsi oleh koruptor sebesar 305 triliun rupiah atau sekitar 1/6 nya APBN 2014 yang sebesar Rp 1.842,49 triliun, bisa dimengerti masih banyak penduduk Indonesia yang miskin. Sementara itu data BPS sampai Maret 2013 jumlah penduduk miskin sebesar 28, 07 juta jiwa. Seandainya uang yang dikorupsi dibagi kepada penduduk miskin sebagai stimulus, maka tiap orang mendapat 11 juta rupiah.
Sebagai contoh, tadi siang di B Channel TV, memperlihatkan seorang yang buta, istrinya juga tangannya cacat, mencari nafkah dengan membuat tampah, yang harganya 5 ribu rupiah per biji. Modalnya menjual tampah, 1 batang bambu sebesar 5 ribu rupiah, tetapi menebang sendiri, membelah sendiri.
Kalau penyandang cacat buta tadi diberi stimulus, tidak 11 juta tapi 5 juta saja, maka tingkat kehidupannya akan lebih baik dibandingkan sekarang ini. Tetapi karena dia tidak mendapat stimulus karena uangnya dikorupsi, maka ia tetap miskin, dan semakin miskin seiring bertambahnya usia karena kemampuan yang menurun.
Jadi betapa kejamnya koruptor karena membuat orang lain miskin dan semakin miskin. Kalau tidak dikorupsi, uang 305 triliun rupiah bisa untuk mengentaskan kemiskinan. Maka seorang koruptor bukan hanya merugikan 250 juta orang tetapi lebih-lebih membuat orang tetap miskin dan menjadi lebih miskin.

Kesalahan koruptor merupakan sikap mental, perilaku atau karakter negatif yang terlalu berat, oleh karena itu agar jera, koruptor harus dimiskinkan. Semua hartanya harus disita. Tidak boleh berhubungan dengan bank manapun, tidak boleh berhubungan dengan institusi keuangan manapun. Kalau ada anak istrinya yang terlibat dalam pencucian uang, maka mereka juga harus dimiskinkan.

Maka perlu ada gerakan rakyat untuk memiskinkan koruptor.
FX. Oerip S. Poerwopoespito, ASM
Direktur Utama KPPSM
‘Pelatihan Pengembangan SIKAP MENTAL’
WISMA KPPSM
Cibubur Indah III Blok F-7 Jaktim 13720
T: (021) 8716968, F: (021) 8719981, H: 0877-85442040
email: oerip@kppsm.com, website: www.kppsm.com

Weblog: www.pengembangankarakter.com
FB: FX Oerip S Poerwopoespito
FB: Pengembangan Sikap Mental Positif
Twitter: @FXOeripSoedjoed

About Tatag Utomo

Baca artikel sikap mental positif menarik lainnya :