“MEMBAHAGIAKAN ORANG ATAU PIHAK LAIN SEBAGAI NILAI ETIKA TERTINGGI”

June 22, 2010 by Tatag Utomo · Leave a Comment 

“Bahagiakanlah orang atau pihak lain untuk meraih kebahagiaan diri sendiri” Teori sikap mental positif ini dikemukakan oleh F.X. Oerip Poerwopoespito, yang sebenarnya jika dijalankan, akan begitu banyak/cepat permasalahan bangsa (sebagai problem makro) atau masalah keluarga-perusahaan-organisasi dan institusi (sebagai problem mikro) yang akan terselesaikan.

Mengapa? Tidakkah itu tampak terlalu menyederhanakan masalah? Justru tidak. Jika semua orang mau menggunakan konsep membahagiakan orang lain, maka akhirnya semua elemen akan saling berlomba untuk membantu/mendukung/melengkapi elemen yang lain, sehingga efek kerjasama atau gotong-royong diantaranya menjadi jauh lebih baik. Minimal, berusaha agar tidak menyusahkan elemen lain tersebut.

Tetapi jika niatnya adalah hanya untuk membahagiakan diri sendiri, maka kita cenderung tidak peduli, menafikan ide atau pendapat orang lain, enggan melakukan kerjasama dan gotong royong untuk menyelesaikan masalah. Terlebih jika sikap mementingkan diri sendiri sudah mengarah kepada urusan uang! Yang terjadi akhirnya adalah seperti bangsa ini, dimana semua pihak akhirnya hanya berpikir membahagiakan diri sendiri dengan segala cara. Bahkan kalau perlu, ‘memakan’ orang lain sebagai korbannya. Dan sayangnya masih banyak sekali sikap mental negatif seperti ini terjadi pada bangsa kita Indonesia.

Dan ternyata, teori sikap mental positif ini sesuai dengan teori dari Immanuel Kant yang Ke III yang mengatakan: “Jangan perlakukan orang lain sebagai alat, tetapi perlakukanlah mereka sebagai tujuan!” Mari, kita mulai mengusahakan agar setiap tindak dan langkah kita (sesederhana apapun) adalah to make other people happy….

Salam membahagiakan orang lain….

Drg. T.A. Tatag Utomo, MM., ASM

Direktur Pendidikan KPPSM
‘Pelatihan Pengembangan SIKAP MENTAL’
F.X. Oerip S. Poerwopoespito
WISMA KPPSM
Cibubur Indah III Blok F-7 Jaktim 13720
T: (021) 8716968, F: (021) 8719981
email: tatag@kppsm.com, website: www.kppsm.com
Weblog: www.pengembangankarakter.com
HP: 0818-874430, YM: tatag_kppsm@yahoo.com

FB: Tatag Utomo

FB: Pengembangan Sikap Mental Positif

Twitter: @tatagkppsmif

About Tatag Utomo

Baca artikel sikap mental positif menarik lainnya :