PERLU SEKALI REVOLUSI SIKAP MENTAL POSITIF DI INDONESIA

July 21, 2010 by Tatag Utomo · Leave a Comment 

Kata Revolusi disini bukan bermaksud menggambarkan sebuah pergolakan berdarah atau bergejolak, tetapi lebih pada sebuah ’Kesungguhan dan Kebulatan Tekad untuk melakukan dengan Segera, Menyeluruh, Bersamaan dan Menyentuh Esensi’. Jadi, kita semua, termasuk pemerintah betul-betul mau membuat sebuah gerakan dengan Kesungguhan dan Kebulatan Tekad, untuk melakukan Perbaikan dan Pengembangan Kualitas Sikap Mental Positif dengan Segera, Menyeluruh, secara Bersama-sama dan Menyentuh pada Esensi Kehidupan Manusia Rakyatnya, di segala sektor. Bagaimana tidak, rusaknya segala sendi kehidupan bangsa Indonesia ini, mau tidak mau, suka tidak suka, disebabkan satu hal utama, yaitu hancurnya kualitas sikap mental manusianya, yang dominan dilakukan oleh para pemimpinnya terlebih dahulu. Korupsi, tawuran, ketidaksantunan, ketidakramahan, penyelewengan, penyelahgunaan jabatan, narkoba, malpraktek, penyuapan, penindasan, ketidakpedulian dan masih sekarung perilaku negatif seperti itulah yang membuat bangsa Indonesia sulit untuk maju. Memangnya bagaimana sih, faktor sikap mental bisa membuat sebuah kemajuan suatu bangsa, perusahaan atau organisasi, atau malah sebaliknya, mengakibatkan kehancuran yang berat? Para Eksekutif sekalian, ternyata Faktor Sikap Mental Positif sangat dominan dalam membentuk Kualitas Total Manusia.

Hal ini bisa digambarkan lewat Rumusnya sebagai berikut: Kualitas Manusia Total = Kualitas Teknis (skala 1-100) X Kualitas Fisik (skala 1-100) X Kualitas Sikap Mental (skala -10 – 100)

Contoh kasus: -Richard Fuld adalah eksekutif kelas dunia, memimpin Lehman Brothers. Kualitas Teknisnya: 100. -Kesehatannya juga cukup baik, tak pernah sakit berat. Maka Kualitas Fisiknya bernilai:   80. -Namun ia cenderung keras kepala dan tidak menempatkan kepentingan perusahaan di kala sulit tahun 2007-2008, dengan membuat kebijakan-kebijakan yang kontraproduktif. Bahkan ia mengabaikan peringatan para ahli terhadap neraca keuangan perusahaan.  Katakanlah nilai Kualitas Sikap Mentalnya :  -1 Maka, total nilai kualitas Richard = 100 X 80 X (-1) = (- 80.100) !!

Nilai negatif Kualitas Sikap Mental Richard memupus Kualitas Teknik/fisiknya sebagai eksekutif kelas dunia di Lehman Brothers. Perusahaan itu akhirnya masuk dalam kesulitan keuangan berat, dan bangkrut hanya dalam waktu + 2 minggu. Kasus nyata yang terjadi di Amerika, yang sudah termasuk sangat settle dalam pembentukan karakter manusianya. Apalagi di Indonesia ini? Oleh karena itulah, penting sekali kiranya diadakan Pelatihan Pengembangan Sikap Mental Positif bagi SDM perusahaan, organisasi, dan institusi, untuk mengembangkan kualitas totalnya sebagai manusia, mengembangkan perilaku dan karakternya menjadi positif dan kuat. Semua ini akhirnya diharapkan akan sungguh-sungguh membawa pada kemajuan bangsa Indonesia…merdeka!!!

Sahabat Anda selalu… Drg. T.A. Tatag Utomo, MM., ASM Direktur Pendidikan KPPSM ‘Pelatihan Pengembangan SIKAP MENTAL’ F.X. Oerip S. Poerwopoespito WISMA KPPSM Cibubur Indah III Blok F-7 Jaktim 13720 T: (021) 8716968, F: (021) 8719981 email: tatag@kppsm.com, website: www.kppsm.com Weblog: www.pengembangankarakter.com HP: 0818-874430, YM: tatag_kppsm@yahoo.com FB: Tatag Utomo FB: Pengembangan Sikap Mental Positif Twitter: @tatagkppsm

About Tatag Utomo

Baca artikel sikap mental positif menarik lainnya :