SIKAP MENTAL ‘KERJA SAMA’ dalam TIM PIALA DUNIA PERANCIS 2010

June 23, 2010 by Tatag Utomo · Leave a Comment 

Hancur lebur!! Itu adalah kata yang paling pas untuk menggambarkan perjalanan Perancis di Afrika Selatan. Franck Ribery dan kawan-kawan bukan saja harus angkat koper di babak awal Piala Dunia 2010,tetapi juga finish di urutan buncit Grup A usai ditekuk Afsel 1-2 di laga akhir.

Hasil buruk ini hanyalah ‘penutup’ dari apa yang sudah terjadi di dalam tubuh Perancis sebelumnya, yang mengalami perpecahan dalam tubuh timnya. Berawal dari pemulangan Nicolas Anelka yang cekcok dengan pelatih Raymond Domenech dan diakhiri dengan penolakan sejumlah pemain untuk turun di laga terakhir melawan Afsel. Bayangkan, Anelka memaki Domenech dengan kata-kata, “Dasar anak Pelacur!” Keruan saja Domenech marah besar. Sikap mental negatif inilah trigger dari semua masalahnya.

Selain percekcokan pemain dengan pelatih Domenech, para pemain juga bertengkar dengan pelatih fisik Robert Duvern.Contohnya, Evra.
Evra adalah pemain Perancis yang ditinggalkan Domenech di laga terakhir versus Afsel. Disebut-sebut alasan pencoretan itu karena perselisihannya dengan Robert Duvern.

“Malam ini tidak ada alasan valid sama sekali kenapa saya tidak dimainkan di lapangan. Saya bukan pembohong, saya akan bicara apa adanya,” lanjut wingback Manchester United itu.

Apapun yang terjadi, terlihat bahwa tim Perancis gagal membangun “sikap mental  positif ” kerja sama kelompok yang kuat. dalam even sekelas Piala Dunia, kekompakan/kerja sama tim adalah segala-galanya dan sungguh harus diletakkan di atas kepentingan pribadi. Bagaimanapun mungkin pelatih dan asisten pelatih mempunyai kekurangan/kelemahan pribadi, pemain harus tunduk terhadap perintahnya.

Sebab? Pelatih, asisten pelatih dan semua skondannyalah yang menjadi pimpinan dari tim (dan sudah disepakti bersama sebelumnya).Jika pemimpin tak dipatuhi, maka hasilnya pasti terlihat: Bahwa tim akan berjalan sendiri-sendiri menuruti keegoisan masing-masing,dan kemudian memperlemah kekuatan tim…persis seperti sebuah sapu lidi yang koyak ikatannya dan para lidinya mulai keluar dan rontok masing-masing. Akhirnya sapu lidi tadi tak bisa dipakai untuk menyapu lagi…

Salam kerja sama kelompok yang baik…

Drg. T.A. Tatag Utomo, MM., ASM

Direktur Pendidikan KPPSM
‘Pelatihan Pengembangan SIKAP MENTAL’
F.X. Oerip S. Poerwopoespito
WISMA KPPSM
Cibubur Indah III Blok F-7 Jaktim 13720
T: (021) 8716968, F: (021) 8719981
email: tatag@kppsm.com, website: www.kppsm.com
Weblog: www.pengembangankarakter.com
HP: 0818-874430, YM: tatag_kppsm@yahoo.com

FB: Tatag Utomo

FB: Pengembangan Sikap Mental Positif

Twitter: @tatagkppsm

About Tatag Utomo

Baca artikel sikap mental positif menarik lainnya :